Kenapa Banyak Air Perumahan Yang Disaring Tidak Terlalu Bersih

Dari penyaring yang harganya masing-masing 30 sen sampai kendi penyaring air dan malah metode meja dapur yang harganya ribuan dolar, penjualan penyaring air sudah meningkat selama bertahun-tahun.

Ini terlepas dari fakta bahwa air keran termasuk yang terbersih di dunia, dengan badan air nasional melaksanakan percobaan ketat pada sampel yang diambil dari sumber ke keran sehingga air konsisten bersih.

Penunjang saringan air mengatakan air lebih bersih dan sehat, dengan kotoran dihilangkan dan mineral ditambahkan. Saringan air dan perusahaan air alkali juga mengiklankan daftar klaim cucian, mulai dari peningkatan kesehatan pencernaan sampai detoksifikasi dan malah pencegahan kanker.

Tapi apakah klaim-klaim ini bendung uji? Dapatkah zat seperti klorin dan fluorida dihilangkan dengan saringan, dan mineral seperti magnesium, seng, dan kalsium ditambahkan ke dalam air dapat hilang dengan filter air sumur?

Untuk mengetahuinya, program Talking Point mengirimkan dua sampel air yang diambil dari daerah yang sama — satu dari keran, yang lain mengalir melewati saringan dengan mekanisme reverse osmosis — ke lab.

Air yang disaring mempunyai lebih sedikit fluoride, tetapi: 0,1 mg/l dibandingi dengan 0,5 mg/l dalam air keran.

Meski untuk mineral tambahan, pengujian tak menemukan perubahan yang tampak pada tingkat seng dalam air yang disaring, walaupun tingkat magnesium meningkat sebesar 1 mg/l.

Tingkat kalsium, bagaimanapun, turun dari 13 mg/l dalam air keran menjadi 1 mg/l.

“Apabila kami menambahkan ketiga mineral yang kami observasi dalam laporan kami, sebetulnya ada penurunan kandungan mineral secara keseluruhan,” kata Ong. Ini berarti saringan menghilangkan lebih banyak mineral ketimbang yang ditambahkan dengan filter air biasa.

Air alkali, contohnya, dikatakan menolong menetralkan asam lambung, kata dosen senior National University of Singapore di bidang ilmu dan teknologi pangan Leong Lai Peng.

“Masalahnya, asam itu ada untuk menolong pencernaan. Apabila dinetralkan, karenanya tak dapat dicerna dengan bagus lagi,” ujarnya. “Tak ada alasan kenapa ada orang yang mau menetralkan asam di perut mereka.”

Adapun klaim bahwa air yang disaring lebih gampang diresapi sebab molekulnya lebih kecil, ia mengatakan bahwa molekul air tak berubah ukuran, “bagus melewati filter atau tak”.

“Air ialah air. Sepatutnya tak ada perbedaan sama sekali antara air yang disaring dan air ledeng lazim,” tambahnya. “Keduanya menolong Anda untuk menghidrasi.”

Ia juga mengatakan “tak ada bukti apa saja” bahwa air yang disaring bisa mencegah kanker.

Walaupun demikian, ia mengatakan air yang disaring bisa berkhasiat bagi sebagian kategori orang – seperti individu dengan gangguan kekebalan dan mereka yang menjalani perawatan kanker – sebab sebagian saringan bisa menyaring kuman dan virus membahayakan.

Kunjungi Juga : Alat Sterilisasi Ruangan & Ozon Generator

Memang, sementara satu perusahaan penyaring air yang dihubungi CNA Insider mengatakan bahwa mereka mendapatkan umpan balik positif seputar produk mereka dari pelanggan dengan keadaan seperti eksim, mereka mencatat bahwa mayoritas pelanggan mereka tak membeli produk mereka sebab alasan medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Tips Aman untuk kembali ke sekolah
game penghasil uang Next post 3 Game Penghasil Uang yang Terbukti Membayar